Apa itu Blog dan Apa Bedanya dengan Situs Web? (Dijelaskan)

Seringkali pembaca bertanya kepada kami tentang apa itu blog, dan apa bedanya dengan situs web? Jika Anda berpikir untuk memulai blog atau situs web, memahami istilah-istilah ini akan membantu Anda mencapai tujuan.

Dalam panduan pemula ini, kami akan menjelaskan apa itu blog dan apa bedanya dengan situs web tradisional. Kami juga akan berbicara tentang skenario penggunaan, dengan contoh dunia nyata, dan manfaatnya.

Apa itu Blog?

Sebuah blog adalah jenis situs web di mana kontennya disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Konten blog sering disebut sebagai entri atau “posting blog”.

Blog biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok kecil orang untuk menyajikan informasi dalam gaya percakapan. Namun, sekarang ada banyak blog korporat yang menghasilkan banyak konten gaya informasi dan pemikiran-kepemimpinan.

Posting blog yang khas juga memiliki bagian komentar di mana pengguna dapat menanggapi artikel tersebut.

Sejarah Blog

Blog berevolusi dari buku harian dan jurnal online pada pertengahan 90-an. Pada saat itu, pengguna internet sudah menjalankan halaman web pribadi di mana mereka menerbitkan pembaruan rutin tentang kehidupan pribadi, pemikiran, dan komentar sosial mereka.

Istilah web log pertama kali digunakan selama akhir 90-an, yang kemudian menjadi ‘weblog’, kemudian ‘we blog’, dan akhirnya hanya ‘blog’.

Karena semakin banyaknya halaman web tersebut, beberapa alat mulai muncul, yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk membuat jurnal dan blog online. Alat-alat ini membantu mempopulerkan blogging dan membuat teknologi dapat diakses oleh pengguna non-teknis.

Pada tahun 1999, situs web blogging populer Blogger.com diluncurkan, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003.

Pada tahun yang sama, WordPress merilis versi pertamanya sebagai platform blogging pada Mei 2003.

Hari ini, WordPress adalah platform blogging terpopuler di dunia yang memberi daya lebih dari 30% dari semua situs web di internet.

Apa Perbedaan Antara Blog dan Situs Web?

Blog adalah jenis situs web. Satu-satunya perbedaan nyata antara blog dan jenis situs web lainnya adalah bahwa blog diperbarui secara berkala dengan konten baru, yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (posting baru terlebih dahulu).

Situs web tipikal bersifat statis di mana konten disusun dalam halaman, dan tidak sering diperbarui. Padahal blog itu dinamis, dan biasanya diperbarui lebih sering. Beberapa blogger mempublikasikan banyak artikel baru dalam sehari.

Blog dapat menjadi bagian dari situs web yang lebih besar. Seringkali bisnis memiliki bagian blog di mana mereka secara teratur membuat konten untuk menginformasikan dan mendidik pelanggan mereka.

Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat keduanya, situs web dan blog, itu sebabnya banyak pemilik bisnis menggunakan WordPress untuk membangun situs web bisnis kecil mereka.

Secara sederhana, semua blog dapat menjadi situs web atau bagian dari situs web. Namun, tidak semua situs web dapat disebut blog.

Misalnya, WPBeginner adalah blog dan situs web. Situs web kami memiliki konten lain yang diterbitkan dalam format non-blog seperti glosarium, tentang kami, dan halaman kontak.

Sekarang, mari kita lihat contoh lain. Kali ini sebuah situs web bernama Awesome Motive. Ini adalah situs web bisnis dan milik perusahaan manajemen WPBeginner.

Itu tidak memiliki blog atau konten apa pun yang diterbitkan dalam urutan berurutan. Ini menggunakan halaman untuk mengatur dan menyajikan informasi tentang bisnis dan mengumpulkan umpan balik pengguna dengan menambahkan formulir kontak.

Anda juga dapat mengatakan bahwa blog memiliki artikel yang disusun menggunakan kategori dan tag. Di sisi lain, situs web menggunakan halaman untuk mengatur dan menampilkan konten.

Blog atau Situs Web – Mana Yang Lebih Baik?

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus memulai sebuah blog atau situs web, mana yang lebih baik? Sejujurnya, jawaban untuk pertanyaan ini sangat tergantung pada apa tujuan Anda.

Banyak bisnis kecil di seluruh dunia memiliki situs web tradisional yang terdiri dari hanya halaman dan tidak ada blog. Situs web kecil semacam itu sering dibuat untuk membuat kehadiran web informasi untuk bisnis, organisasi, atau individu.

Di sisi lain, semakin banyak bisnis yang menyadari potensi blog dalam strategi pemasaran mereka. Mereka menambahkan bagian blog terpisah ke situs web tradisional mereka dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari.

Ambil OptinMonster, ini adalah perangkat lunak pembuatan timbal dan situs web mereka memiliki halaman penjualan tradisional yang menampilkan produk dan fitur-fiturnya.

Mereka juga memiliki blog informasi tempat mereka mengajar pengguna cara meningkatkan konversi dan mendapatkan lebih banyak arahan. Ini membantu mereka menutupi kata kunci industri mereka untuk mendapatkan lalu lintas gratis dari mesin pencari dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Bahkan jika Anda seorang bisnis, organisasi nirlaba, atau profesional, menambahkan blog ke situs web Anda dapat membantu Anda mencapai tujuan.

Apa Perbedaan Antara Posting dan Halaman Blog?

WordPress adalah platform blogging paling populer dan sistem manajemen konten yang kuat. Secara default, ia datang dengan dua jenis konten: posting dan halaman. Seringkali pemula bingung antara keduanya.

Posting blog ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (terbaru ke terlama) pada halaman blog Anda karena mereka adalah konten tepat waktu yang berarti pengguna Anda harus menggali lebih dalam untuk melihat posting yang lebih lama.

Halaman adalah konten jenis “satu kali” statis seperti halaman tentang Anda, halaman kontak, halaman produk atau layanan, halaman rumah, dan banyak lagi.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan pemula kami tentang perbedaan antara posting dan halaman.

Halaman biasanya digunakan untuk membuat struktur dan tata letak situs web. Bahkan blog dapat memiliki halaman di sampingnya (Lihat daftar halaman penting yang seharusnya dimiliki setiap blog).

Mengapa Blog Orang? Apa Manfaat Blogging?

Setiap blogger individu memiliki motivasi sendiri untuk blogging. Banyak dari mereka menggunakannya sebagai alternatif untuk menyimpan buku harian atau jurnal. Blogging memberi mereka tempat untuk berbagi kreativitas dan ide-ide mereka kepada audiens yang lebih luas.

Merek dan bisnis terkemuka membuat blog untuk mengedukasi pelanggan mereka, berbagi berita, dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Blogging adalah bagian penting dari strategi pemasaran online untuk banyak bisnis.

Berikut ini hanya beberapa manfaat dari blogging.

Memberikan jalan untuk mengatur pikiran dan ide Anda
Memungkinkan Anda menunjukkan keahlian, kreativitas, dan bakat Anda
Bantu individu menjadi otoritas dalam industri mereka
Membantu Anda bersosialisasi dengan orang-orang yang berpikiran menarik secara online
Banyak blogger menghasilkan uang dari blog mereka menggunakan berbagai metode monetisasi
Bisnis menggunakan blog untuk membawa lebih banyak pelanggan potensial ke situs web mereka
Nirlaba dapat menggunakan blog untuk meningkatkan kesadaran, menjalankan kampanye media sosial, dan memengaruhi opini publik

Apa Beberapa Contoh Blog yang Baik?

Blog sangat besar!

Jutaan orang dan bisnis dari seluruh dunia memiliki blog. Ini berarti bahwa ada blog di hampir semua topik yang dapat Anda pikirkan.

Berikut adalah beberapa blog bagus yang dapat Anda periksa sebagai contoh. Kami telah memilih sendiri blog-blog terbaik di berbagai industri untuk memberi Anda gambaran betapa beragamnya blog itu.

Pinch of Yum adalah salah satu blog makanan dan resep online paling populer. Dimulai oleh Lindsay, seorang guru sekolah menengah, blog memungkinkannya untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi blogger penuh waktu.

WeTheParents adalah blog pengasuhan anak populer yang dijalankan oleh Neve dan Keane (orang tua). Mereka berbagi kiat mengasuh anak untuk para ibu dan ayah dan sambil melakukannya mereka menghasilkan uang dengan mendapatkan komisi untuk produk yang mereka rekomendasikan.

Dimulai oleh Danielle Bernstein, We Wore What adalah blog mode populer. Dengan lebih dari 1,5 Juta pengikut, mencakup segala hal mulai dari mode hingga desain interior hingga busana pria.

Sebuah blog kebugaran yang dimulai oleh Steve Kamb, Nerd Fitness didedikasikan untuk membantu orang tetap fit. Ini memberikan saran kebugaran, motivasi, dukungan, tips diet dan olahraga.

Blog perjalanan populer yang dijalankan oleh Alex, yang membagikan perjalanannya sambil menawarkan tips perjalanan, saran, dan panduan untuk backpacker lainnya.

Tiny Buddha adalah blog pengembangan pribadi yang dibuat oleh Lori Deschene. Blog menerbitkan konten tentang kebahagiaan, cinta, hubungan, perhatian, kerohanian, kesederhanaan, minimalis, melepaskan, dan banyak lagi.

Ada banyak lagi blog hebat di sana tentang banyak topik berbeda. Lihat daftar jenis blog kami yang paling populer untuk beberapa ide lainnya.

Bagaimana Blogger Menghasilkan Uang?

Biasanya, orang menganggap blogger sebagai penghobi. Beberapa dari mereka, tetapi sejumlah besar blogger menghasilkan uang dari blog mereka. Ini memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada blog mereka, berhenti dari pekerjaan harian mereka, dan membangun bisnis online yang sukses.

Blogger yang lebih sukses dapat menghasilkan enam digit, tujuh angka, dan bahkan delapan digit penghasilan dari blog mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang digunakan sebagian besar blogger untuk menghasilkan uang dari blog mereka:

Cara yang paling umum dan mungkin paling mudah untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menampilkan iklan. Namun, sebagai blogger baru, Anda tidak akan dapat menghubungi pengiklan secara langsung atau mengelolanya sendiri.

Di sinilah masuk Google AdSense. Ini mengurus mencari iklan, menampilkannya, mengumpulkan pembayaran dari pengiklan, dan mengirimkan pembayaran tersebut untuk Anda potongan kecil.

Banyak blogger juga menghasilkan uang melalui pemasaran afiliasi. Pada dasarnya, mereka merekomendasikan produk di situs web mereka dan mendapat komisi ketika pengguna membeli produk tersebut.

Metode monetisasi umum lainnya termasuk keanggotaan, menjual kursus online, atau menambahkan toko online ke blog.

Lihat daftar cara-cara kami yang terbukti untuk menghasilkan uang secara online dari blog Anda untuk beberapa contoh lainnya.

Kami juga memiliki daftar ide bisnis online “mudah untuk memulai” yang dapat Anda periksa.

Adakah yang bisa memulai blog?

Ya, siapa pun yang ingin memulai blog, dapat dengan mudah melakukannya.

Pada hari-hari awal blogging, pengguna membutuhkan keterampilan pengkodean untuk bahkan memperbarui blog mereka. Sekarang, ada banyak alat yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat blog tanpa pernah menulis kode. Jika Anda bisa mengarahkan dan mengklik, maka Anda dapat membuat blog dalam beberapa menit.

Memilih platform blogging yang salah untuk memulai blog adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pemula. Namun, karena Anda di sini, Anda tidak akan membuat kesalahan ini.

Kami merekomendasikan menggunakan WordPress. Ini adalah platform blogging dan pembuat situs web paling populer di dunia. Lebih dari 30% dari semua situs web di internet dibangun menggunakan WordPress, hanya agar Anda dapat mengetahui seberapa populernya situs tersebut.

Ada dua jenis WordPress: WordPress.com, yang merupakan solusi yang di-host, dan WordPress.org juga dikenal sebagai WordPress yang di-hosting sendiri. Lihat panduan kami tentang perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org untuk lebih jelasnya.

Kami sarankan menggunakan WordPress.org karena memberi Anda akses instan ke semua fitur WordPress. Ini juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghasilkan uang dari blog Anda tanpa batasan apa pun.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang WordPress? Lihat ulasan WordPress lengkap kami untuk rincian fitur-fiturnya.

Anda perlu hal-hal berikut untuk memulai blog WordPress.org Anda sendiri.

Nama domain (Ini akan menjadi alamat blog Anda dan apa yang pengguna akan ketik di browser mereka untuk mengunjunginya. Misalnya, wpbeginner.com)
Akun hosting situs web (Ini akan menjadi rumah bagi file blog Anda)
20 menit dari waktu Anda
Biasanya, nama domain akan dikenakan biaya sekitar $ 14,99 per tahun dan situs web hosting $ 7,99 per bulan. Sekarang jika Anda baru memulai, ini sepertinya banyak uang.

Untungnya, Bluehost telah setuju untuk menawarkan domain gratis dan diskon untuk hosting kepada WPBeginner. Mereka adalah salah satu perusahaan hosting terbesar di dunia dan secara resmi direkomendasikan oleh WordPress.

Pada dasarnya, Anda akan dapat memulai dengan $ 2,75 per bulan.

Setelah membeli hosting, Anda dapat menuju ke panduan kami tentang cara memulai blog untuk petunjuk langkah demi langkah yang lengkap.

Kami harap artikel ini membantu menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu blog dan apa perbedaan antara blog dan situs web. Anda mungkin juga ingin melihat daftar alat yang paling berguna untuk mengelola dan mengembangkan blog WordPress Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *