Cara Memasang dan Mengatur Komentar Facebook di WordPress

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia. Itulah sebabnya beberapa blog WordPress teratas menggunakan komentar Facebook alih-alih komentar WordPress default.

Jika Anda berencana untuk menambahkan sistem komentar Facebook ke situs WordPress Anda, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menginstal dan mengatur komentar Facebook di WordPress. Kami juga akan menjelaskan cara menampilkan jumlah komentar Facebook di situs web Anda.

Pro dan Kontra dalam Menggunakan Komentar Facebook di WordPress

Sebelum kita mulai dengan tutorial, mari kita bahas pro dan kontra dari menggunakan komentar Facebook dibandingkan dengan komentar WordPress default.

Salah satu manfaat yang paling jelas adalah bahwa komentar Facebook meningkatkan visibilitas situs web Anda di Facebook.

Ketika seseorang meninggalkan komentar di situs Anda, mereka dapat memeriksa opsi “Kirim juga di Facebook” untuk membagikan komentar mereka dengan teman-teman Facebook mereka. Ini memiliki potensi besar untuk lalu lintas tambahan ke situs web Anda.

Selain itu, spammer akan menjauh dari situs web Anda karena mereka tidak akan menerima tautan balik SEO dengan mengomentari kiriman Anda.

Manfaat lain menggunakan komentar Facebook adalah menghilangkan faktor anonimitas, sehingga pengguna cenderung tidak meninggalkan komentar spam karena terikat dengan profil Facebook mereka.

Namun, ini bisa bertindak sebagai kerugian utama juga.

Beberapa pengguna tidak merasa nyaman meninggalkan komentar menggunakan profil Facebook mereka karena mereka suka rasa anonim.

Kerugian lain dari menggunakan komentar Facebook adalah bahwa mereka tidak disimpan atau disinkronkan ke WordPress, sedangkan sistem komentar pihak ketiga seperti Disqus memang disinkronkan dengan WordPress.

Jika Anda memiliki posting lama dengan komentar WordPress default, maka komentar tersebut dapat muncul sebelum atau setelah komentar Facebook.

Namun, lebih baik untuk menghapus sistem komentar WordPress sepenuhnya jika Anda menggunakan sistem komentar Facebook di situs Anda. Jika tidak, spammer dan bot akan menggunakan komentar WordPress untuk mengirim spam ke situs web Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui pro dan kontra, mari kita lihat cara memasang komentar Facebook di WordPress.

Menyiapkan Komentar Facebook di WordPress

Cara termudah untuk menambahkan komentar Facebook di WordPress adalah dengan menggunakan plugin WordPress.

Kami akan menggunakan plugin Komentar Malas FB untuk tutorial ini. Plugin gratis ini tidak hanya menambahkan sistem komentar Facebook ke situs Anda, tetapi juga malas memuat komentar untuk meningkatkan kecepatan halaman.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Komentar Malas FB. Anda dapat mengikuti panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress untuk instruksi detail.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Pengaturan »Komentar FB Malas untuk mengkonfigurasi plugin.

Untuk menggunakan komentar Facebook di situs web Anda, Anda harus membuat aplikasi Facebook dan kemudian menambahkan ID aplikasi ke halaman pengaturan plugin.

Jika sebelumnya Anda telah membuat aplikasi untuk situs Anda, maka Anda dapat menggunakan ID aplikasi itu di sini. Jika tidak, Anda harus membuat aplikasi baru dengan membuka halaman Facebook untuk Pengembang.

Untuk memulai, Anda harus mendaftar untuk akun Pengembang Facebook jika Anda belum memilikinya. Selanjutnya, Anda harus mengklik tautan Aplikasi Saya, yang ada di sudut kanan atas halaman.

Menu dropdown akan terbuka di mana Anda perlu mengklik pada opsi Buat Aplikasi. Ini akan membuka jendela modal tempat Anda harus memberikan alamat email dan nama untuk aplikasi Anda.

Setelah selesai, Anda perlu mengklik tombol Create App ID. Ini akan membuka kotak sembulan dan akan meminta Anda untuk memasukkan beberapa huruf CAPTCHA. Cukup isi kotak teks CAPTCHA dan kemudian klik tombol Kirim.

Facebook sekarang akan membuat aplikasi baru untuk Anda dan kemudian mengarahkan Anda ke dasbor aplikasi. Anda akan melihat ID APP Anda ditampilkan di sana.

Selanjutnya, Anda perlu memberi tahu Facebook bagaimana Anda menggunakan Aplikasi.

Cukup klik pada tautan Pengaturan »Dasar dari bilah sisi kiri, dan kemudian klik tombol + Tambahkan Platform, hadir di bagian bawah halaman.

Jendela sembulan baru akan muncul di layar. Anda perlu mengklik Situs web untuk memilihnya sebagai platform Anda.

Ini akan menambahkan bagian “Situs Web” baru di halaman pengaturan aplikasi Anda tempat Anda dapat memasukkan URL situs web Anda.

Setelah menyimpan pengaturan Anda, sekarang Anda dapat menyalin ID APP dan menempelnya di kotak teks ID Aplikasi FB dari halaman pengaturan plugin di situs WordPress Anda.

Setelah selesai, Anda perlu menggulir ke bawah dan kemudian klik tombol Simpan Semua Perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Sekarang Anda akan melihat opsi baru untuk “Komentar Moderat” di samping judul plugin ini. Kami akan menjelaskan bagaimana memoderasi komentar Facebook di bagian selanjutnya.

Plugin ini juga dilengkapi dengan serangkaian opsi yang komprehensif. Anda dapat melalui pengaturan untuk melihat apakah ada sesuatu yang ingin Anda ubah.

Misalnya, Anda dapat mengubah opsi Muat Komentar ke “Pada Gulir”. Ini akan memuat sistem komentar Facebook hanya ketika seseorang mencapai akhir artikel. Ini akan membantu Anda meningkatkan kecepatan memuat halaman.

Komentar Malas FB dimuat di gulir

Selain itu, pengaturan default harus berfungsi untuk sebagian besar situs web.

Sekarang, Anda dapat mengunjungi pos apa pun di situs WordPress Anda untuk melihat sistem komentar Facebook sedang beraksi.

Memoderasi Komentar Facebook di Situs Web Anda

Sebagai admin aplikasi Facebook, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk komentar baru ketika Anda masuk ke akun Facebook Anda.

Anda juga akan menemukan tautan untuk memoderasi komentar di halaman pengaturan plugin.

Sama seperti komentar WordPress, Anda dapat mengatur aturan moderasi komentar di Facebook dengan mengklik tautan Pengaturan. Ini akan membuka sembulan di mana Anda perlu mengklik tab “Aturan Moderasi”.

Dari sini, Anda dapat memutuskan batas karakter maksimum untuk diizinkan dalam komentar. Anda juga dapat menetapkan batas setelah mana komentar akan secara otomatis ditutup pada posting Anda.

Facebook memungkinkan Anda untuk menambahkan moderator komentar baru juga. Anda perlu mengklik tab “Moderator” dan kemudian menambahkan orang tersebut menggunakan kotak teks.

Setelah selesai, Anda harus mengklik tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan.

Menampilkan Hitungan Komentar Facebook di WordPress

Salah satu kelemahan menggunakan plugin Komentar Malas FB adalah bahwa ia menyalip fungsi penghitungan komentar WordPress dan menghasilkan versi versi komentar komentar Facebook.

Jika tema Anda menampilkan jumlah komentar, maka ini tidak akan terlihat bagus

Jika Anda masih ingin menampilkan jumlah komentar Facebook, maka Anda dapat melakukannya dengan bantuan potongan kode.

Pertama, Anda harus terhubung ke akun hosting WordPress Anda menggunakan klien FTP dan kemudian pergi ke folder / wp-content / themes /.

Dari sini Anda perlu membuka folder tema Anda saat ini dan kemudian mencari file single.php.

Selanjutnya, Anda perlu klik kanan pada file itu dan kemudian klik Unduh.

Setelah itu, Anda harus membuka file single.php menggunakan editor teks biasa seperti Notepad. Setelah file terbuka, cari kode yang digunakan oleh tema Anda untuk menampilkan jumlah komentar dan dengan hati-hati menggantinya dengan kode berikut.

1
<fb:comments-count href="<?php echo get_permalink($post->ID); ?>"></fb:comments-count> Comments

Cuplikan kode ini akan membantu Anda menampilkan jumlah komentar Facebook pada setiap posting.

Terakhir, Anda perlu menyimpan file dan kemudian mengunggahnya kembali ke folder tema saat ini menggunakan FTP.

Itu saja! Kami harap artikel ini membantu Anda menginstal dan mengatur komentar Facebook di situs WordPress Anda.

Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara menambahkan meta data grafik terbuka Facebook di WordPress atau cara mendapatkan nomor telepon virtual untuk situs web Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *