Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress (Langkah demi Langkah)

Semua orang setuju bahwa tautan yang rusak buruk untuk pengalaman pengguna. Tapi tahukah Anda bahwa tautan yang terputus dapat sangat merusak peringkat SEO WordPress Anda?

Ya, terbukti bahwa dengan memutus tautan internal di situs web Anda berdampak negatif pada peringkat SEO.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di WordPress, sehingga Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan peringkat SEO Anda.

Apa itu Tautan Rusak?

Tautan rusak, juga dikenal sebagai tautan mati, adalah tautan yang tidak lagi berfungsi. Tautan rusak dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi alasan paling umum adalah ketika sebuah halaman dihapus atau dipindahkan ke lokasi lain yang menyebabkan server menunjukkan kesalahan 404 yang tidak ditemukan.

Di situs WordPress, tautan rusak biasanya terjadi saat memindahkan situs ke nama domain baru, atau saat menghapus posting atau halaman tanpa pengalihan yang benar.

Kadang-kadang tautan yang rusak juga dapat terjadi karena kesalahan ketik, dan tautan tersebut dapat diketahui selama berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk secara teratur memonitor tautan yang rusak di situs Anda dan memperbaikinya, sehingga Anda dapat mencegahnya dari merusak peringkat SEO Anda.

Dalam panduan ini, kami akan membagikan empat metode teratas untuk menemukan tautan rusak di WordPress. Setelah itu, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah untuk memperbaiki tautan yang rusak itu.

Ini daftar isi untuk navigasi yang mudah:

Menemukan Tautan Patah menggunakan SEMRush
Menemukan Tautan Rusak menggunakan Ahrefs
Menemukan Tautan Rusak menggunakan Google Search Console
Menemukan Tautan Rusak menggunakan Plugin Pemeriksa Tautan Rusak
Cara Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress

Siap? Mari kita mulai.

Metode 1. Menemukan Tautan Rusak menggunakan SEMRush

SEMRush adalah salah satu alat SEO terbaik di pasar. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memantau peringkat SEO situs web Anda dan kesehatan secara keseluruhan.

Ini juga termasuk alat audit situs yang ampuh yang merayapi situs web Anda untuk menemukan kesalahan umum dan menyiapkan laporan terperinci untuk Anda.

Pertama, Anda harus mendaftar untuk akun SEMRush.

Ini adalah layanan berbayar, tetapi mereka menawarkan akun gratis terbatas yang memungkinkan Anda untuk merayapi hingga 100 halaman pada satu nama domain. Batas rencana pembayaran mulai dari 100.000 halaman sebulan.

Setelah Anda masuk, Anda perlu mengklik tautan Audit Audit Situs ’dari menu sebelah kiri.

Ini akan membawa Anda ke halaman Audit Situs. Dari sini, klik tombol Audit Audit Situs Baru ’di bagian atas untuk menambahkan situs web Anda

Anda akan diminta memasukkan nama domain Anda. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengonfigurasi pengaturan audit situs. Anda dapat memilih jumlah halaman yang akan dirayapi dan memilih sumber perayapan.

Klik pada tombol mulai merangkak untuk melanjutkan.

SEMRush sekarang akan mulai merayapi situs web Anda untuk audit situs. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit, tergantung pada berapa banyak halaman yang Anda pilih untuk dijelajahi.

Setelah selesai, Anda dapat mengklik domain Anda Di bawah bagian Audit Situs untuk melihat laporan Anda.

Untuk melihat tautan yang rusak di situs Anda, Anda harus mengeklik tautan ‘Patah’ di bawah ikhtisar laporan.

Sekarang Anda dapat mengklik tombol Ekspor di sudut kanan atas layar untuk mengunduh laporan perayapan Anda. Anda akan membutuhkannya saat memperbaiki tautan yang rusak di situs web Anda (lebih lanjut tentang ini nanti dalam artikel).

Metode 2. Menemukan Tautan Rusak menggunakan Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO all-in-one yang sangat baik untuk pemasar, bisnis, dan profesional SEO. Ini menawarkan wawasan SEO rinci ke situs web Anda sendiri atau salah satu pesaing Anda.

Anda dapat menggunakannya untuk riset kata kunci, analisis persaingan, gagasan kata kunci organik dan berbayar, dan pemantauan kesehatan situs termasuk tautan yang terputus.

Pertama, Anda harus mendaftar untuk akun Ahrefs. Ini adalah layanan berbayar dengan paket mulai dari $ 99 per bulan. Mereka juga menawarkan uji coba 7 hari berfitur lengkap untuk $ 7.

Setelah Anda masuk ke dasbor Ahref Anda, Anda harus memasukkan nama domain Anda di bawah alat Site Explorer

Alat penjelajah situs sekarang akan merayapi situs web Anda untuk menyiapkan laporan. Ini mungkin memakan waktu tergantung pada seberapa banyak konten yang Anda miliki di situs web Anda.

Setelah selesai, Anda akan melihat ikhtisar hasil penjelajah situs Anda. Dari sini, Anda perlu mengklik menu Pages »Best by Links dan kemudian urutkan laporan Anda dengan 404 status.

Anda sekarang dapat mengekspor laporan Anda dalam format CSV untuk memperbaiki tautan yang rusak di situs WordPress Anda.

Metode 3. Menemukan Tautan Rusak di WordPress menggunakan Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu webmaster mengelola visibilitas situs mereka dalam hasil pencarian. Ini juga memberi tahu Anda tentang kesalahan termasuk 404 kesalahan yang disebabkan oleh tautan yang rusak.

Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan Google Search Console utama kami dengan petunjuk pengaturan langkah demi langkah.

Setelah Anda masuk ke akun Google Search Console Anda, klik tautan ‘Cakupan’ dari menu di sebelah kiri.

Anda akan menemukan 404 kesalahan di bawah tab Kesalahan atau Terkecualikan. Mengkliknya akan menunjukkan daftar kesalahan atau masalah yang dihadapi Google saat mengunjungi situs web Anda.

Mengklik kesalahan 404 akan menampilkan semua tautan di situs web Anda yang merupakan tautan rusak dan mengembalikan kesalahan 404.

Anda sekarang dapat mengklik tombol unduh untuk mendapatkan daftar semua 404 kesalahan di situs web Anda. Anda perlu ini untuk memperbaiki tautan yang rusak di situs web Anda.

Metode 4. Menemukan Tautan Rusak di WordPress menggunakan Pemeriksa Tautan Rusak

Untuk metode ini, kami akan menggunakan plugin Broken Link Checker. Namun, metode ini tidak disarankan karena padat sumber daya dan akan memperlambat situs web Anda. Perusahaan hosting WordPress yang dikelola seperti WP Engine sudah memblokir pengguna untuk menginstal plugin ini di server mereka.

Plugin memeriksa tautan yang rusak di situs web Anda termasuk tautan internal dan eksternal yang menghasilkan kesalahan 404.

Pertama, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Broken Link Checker. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, plugin akan mulai bekerja di latar belakang untuk menemukan tautan di posting, halaman, dan komentar Anda. Anda sekarang dapat pergi ke halaman Tools »Broken Links untuk melihat laporan lengkap.

Jika Anda telah menjalankan blog WordPress untuk waktu yang lama, maka laporan ini juga akan menyertakan tautan rusak ke situs web pihak ketiga.

Anda harus menyortir daftar secara manual untuk menemukan tautan yang rusak di situs web Anda.

Anda harus tetap mengaktifkan Pemeriksa Tautan Rusak di situs web Anda sampai Anda memperbaiki tautan yang rusak. Setelah itu, Anda dapat menonaktifkan plugin karena akan terus memeriksa tautan yang rusak yang akan memperlambat server Anda.

Cara Memperbaiki Tautan Patah di WordPress

Kami telah menunjukkan kepada Anda empat metode berbeda untuk menemukan tautan rusak di WordPress. Sekarang mari kita bicara tentang cara memperbaiki tautan yang rusak di WordPress dengan mudah.

Cara terbaik untuk memperbaiki tautan yang rusak adalah mengarahkannya ke halaman lain. Misalnya, jika Anda memindahkan konten artikel ke alamat yang berbeda, maka Anda harus mengarahkannya ke artikel yang lebih baru.

Demikian pula, jika sebuah artikel tidak ada lagi, maka Anda ingin mengarahkan pengguna ke halaman serupa yang terkait erat dengan konten artikel lama.

Anda dapat melakukan ini dengan menyiapkan 301 redirect.

Pertama, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Redirection. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, Anda harus mengunjungi Alat »halaman pengalihan untuk mengatur pengalihan. Anda perlu menambahkan tautan lama yang rusak di bidang ‘URL Sumber’ dan URL baru di bidang ‘URL Target’.

Setelah itu, klik tombol ‘Tambahkan pengalihan’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Anda sekarang dapat menguji ini dengan mengunjungi tautan rusak yang lama, dan Anda akan diarahkan ke halaman baru.

Ulangi proses untuk semua tautan yang rusak di situs web Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara mengatur pengalihan di WordPress untuk pemula.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di WordPress dengan mudah. Anda juga mungkin ingin melihat kiat kami yang dapat ditindaklanjuti tentang cara mengoptimalkan gambar Anda untuk web, dan pilihan kami tentang plugin keanggotaan WordPress terbaik untuk membuat situs keanggotaan.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *