Cara Mengubah URL Situs WordPress Anda (Langkah demi Langkah)

Apakah Anda perlu mengubah URL WordPress Anda? Baik Anda berpindah dari HTTP ke HTTPs, mengubah nama domain Anda, bermigrasi dari server lokal ke situs langsung, atau mentransfer ke subdomain, Anda perlu tahu cara mengubah URL situs WordPress Anda.

Alamat WordPress dan alamat situs adalah bidang yang sangat penting karena merujuk pada alamat situs web Anda di internet dan lokasi file situs web Anda.

Pada artikel ini, kami akan membagikan empat cara berbeda untuk dengan mudah mengubah URL situs WordPress Anda (langkah demi langkah). Panduan ini secara khusus akan berguna ketika Anda memperbaiki kesalahan umum WordPress atau memindahkan situs WordPress.

Mengapa Mengubah URL Situs WordPress?

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu atau ingin mengubah URL WordPress Anda. Sebagai contoh:

Anda mungkin perlu memperbarui URL situs saat memindahkan WordPress dari server lokal ke situs langsung.
Jika Anda telah memindahkan situs WordPress Anda ke nama domain baru, maka Anda perlu mengubah URL situs untuk mencerminkan perubahan tersebut.
Jika Anda memindahkan WordPress ke direktori lain seperti menghapus / wordpress / dari url WordPress.
Anda juga perlu mengubahnya saat memindahkan WordPress dari HTTP ke HTTPs.

Selain itu, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan alamat WordPress jika Anda melihat terlalu banyak kesalahan pengalihan di WordPress atau ketika memecahkan masalah kesalahan WordPress lainnya.

Alamat WordPress vs Alamat Situs

Saat mengubah URL situs WordPress, Anda harus memperbarui dua pengaturan terpisah: Alamat WordPress dan Alamat Situs.

Ini dapat membingungkan bagi banyak pemula karena mereka tidak tahu apa perbedaan antara kedua pengaturan.

Alamat WordPress Anda (URL) adalah alamat tempat file dan folder WordPress disimpan termasuk halaman admin Anda, file media, plugin, tema, dll.

Alamat Situs Anda (URL) di WordPress adalah bagian yang menghadap publik dari situs web Anda. Inilah yang akan diketik pengunjung Anda untuk mencapai situs web Anda. Ini juga tautan yang Anda letakkan di kartu bisnis Anda.

Untuk sebagian besar pengguna, Alamat WordPress dan URL Alamat Situs akan menjadi tautan yang sama persis.

Namun dalam beberapa kasus, perusahaan besar dapat meng-host situs WordPress mereka di server yang berbeda karena situs web perusahaan mereka memiliki banyak aplikasi lain, dan mereka ingin mengisolasi di mana setiap aplikasi di-host.

Tetapi untuk sebagian besar pengguna, kedua URL WordPress ini harus tetap sama.

Karena itu, mari kita lihat bagaimana cara mudah mengubah URL situs WordPress. Kami akan menunjukkan kepada Anda metode berikut, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda

Ubah URL situs WordPress dari area admin
Ubah URL situs WordPress menggunakan file functions.php
Ubah URL situs WordPress menggunakan file wp-config.php
Ubah URL situs WordPress di database menggunakan phpMyAdmin

Siap? mari kita mulai.

Metode 1. Ubah URL Situs WordPress dari Area Admin

Metode ini paling mudah. Jika Anda sudah dapat mengakses area admin WordPress, maka kami sarankan untuk menggunakan metode ini.

Cukup login ke situs web WordPress Anda dan pergi ke halaman Pengaturan »Umum. Dari sini Anda dapat mengubah URL situs WordPress di bawah opsi Address Alamat WordPress ’dan‘ Alamat Situs ’.

Alamat WordPress dan Alamat Situs biasanya alamat yang sama.

Jangan lupa mengklik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan pengaturan Anda. Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Metode 2. Ubah URL Situs WordPress Menggunakan File functions.php

Metode ini direkomendasikan untuk pengguna yang tidak dapat mengakses area admin situs web WordPress mereka.

Cukup sambungkan ke situs WordPress Anda menggunakan klien FTP dan pergi ke / wp-content / themes / your-theme-folder /.

Dari sini Anda perlu mencari file functions.php dan mengeditnya menggunakan editor teks biasa seperti Notepad atau TextEdit.

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan kode berikut di bagian bawah:

1
2
update_option( 'siteurl', 'https://example.com' );
update_option( 'home', 'https://example.com' );

Jangan lupa untuk mengganti https://example.com dengan URL situs Anda sendiri. Anda sekarang dapat menyimpan perubahan dan mengunggah file kembali ke hosting situs web Anda menggunakan FTP.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat apakah semuanya kembali normal.

Keuntungan dari metode ini adalah memperbarui URL situs dalam database. WordPress memperbarui opsi database untuk URL situs setiap kali file fungsi Anda dimuat.

Setelah semuanya kembali normal, jangan lupa untuk menghapus dua baris kode dari file fungsi WordPress Anda.

Metode 3. Ubah URL Situs WordPress menggunakan File wp-config.php

Metode ini hanya disarankan jika Anda tidak yakin tema WordPress mana yang perlu Anda edit atau tidak dapat menemukan file functions.php.

Untuk metode ini, Anda akan menambahkan URL situs ke file konfigurasi WordPress Anda yang disebut wp-config.php. File ini terletak di folder root situs web Anda dan berisi pengaturan WordPress yang penting.

Cukup sambungkan ke situs web Anda menggunakan klien FTP dan edit file wp-config. Anda perlu menambahkan kode berikut tepat di atas baris yang bertuliskan ‘Itu saja, berhenti mengedit! Selamat mempublikasikan ’.

1
2
define( 'WP_HOME', 'https://example.com' );
define( 'WP_SITEURL', 'https://example.com' );

Jangan lupa mengganti https://example.com dengan nama domain Anda sendiri.

Anda sekarang dapat menyimpan perubahan Anda dan mengunggahnya kembali ke server Anda. Setelah itu, kunjungi situs web Anda untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik.

Metode 4. Ubah URL Situs WordPress di Database Menggunakan phpMyAdmin

Cara lain untuk memperbarui URL situs WordPress adalah dengan mengubahnya secara langsung di database WordPress Anda.

Pertama, Anda perlu membuat cadangan basis data WordPress. Langkah ini sangat penting dan akan membantu Anda membatalkan perubahan basis data jika terjadi kesalahan.

Setelah itu, Anda harus pergi ke dasbor akun hosting web Anda dan mengklik ikon phpMyAdmin di bawah bagian Database.

Catatan: Tangkapan layar kami dari Bluehost, tetapi sebagian besar perusahaan hosting WordPress lainnya juga akan memiliki kemampuan bagi Anda untuk mengedit pengaturan basis data.

Setelah Anda mengklik tautan, itu akan meluncurkan aplikasi phpMyAdmin, yang menyediakan antarmuka berbasis web untuk mengedit database MySQL. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal itu, lihat panduan kami tentang cara manajemen database WordPress dengan phpMyAdmin

Di dalam antarmuka phpMyAdmin, Anda perlu mengklik pada database WordPress Anda dari kolom kiri. Aplikasi ini sekarang akan menampilkan tabel di dalam basis data WordPress Anda.

Selanjutnya, Anda perlu gulir ke bawah ke tabel opsi. Secara default awalan basis data adalah wp_ tetapi karena Anda dapat mengubah awalan basis data WordPress, tangkapan layar Anda mungkin memiliki awalan yang berbeda.

PhpMyAdmin sekarang akan menampilkan baris di dalam tabel opsi. Anda perlu menemukan baris di mana option_name adalah siteurl dan home.

Selanjutnya, klik ikon pensil di sebelah kiri untuk mengedit setiap baris dan ubah bidang option_value ke URL situs baru. Setelah itu, klik tombol Go kecil di sudut kanan bawah untuk menyimpan perubahan database Anda.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan baik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Selama bertahun-tahun kami telah membantu ratusan ribu pengguna membuat situs web WordPress, memulai blog, atau memulai toko online. Saat ini, kami telah menjawab banyak pertanyaan berbeda terkait perubahan URL WordPress. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan.

Mengapa bidang Alamat WordPress dan Alamat Situs saya berwarna abu-abu?

Jika alamat WordPress (URL) berwarna abu-abu pada halaman pengaturan area admin Anda, maka itu berarti bahwa URL tersebut dikodekan dalam file wp-config.php.

Untuk mengubah URL WordPress Anda, Anda harus mengikuti metode 3 di artikel kami untuk mengedit file wp-config.php dan mengubah URL yang sesuai.

Bagaimana memulihkan WordPress setelah perubahan alamat url di pengaturan?

Terkadang pengguna non-techy dapat secara tidak sengaja mengubah URL WordPress dan pengaturan Alamat Situs dari area admin WordPress. Untuk memulihkan dari itu, Anda harus mengikuti panduan kami di atas untuk mengubah kembali URL WordPress menggunakan functions.php, wp-config, atau metode database.

Apakah ada plugin pengubahan URL WordPress yang dapat memperbarui URL secara massal di semua posting blog, halaman, dan area konten lainnya?

Ya, Anda bisa menggunakan plugin Velvet Blues Update URLs atau plugin Better Search Replace.

Ketika Anda mengubah URL WordPress Anda, Anda akan memerlukan cara untuk memperbarui tautan secara massal melalui posting, halaman, dan area WordPress lainnya di basis data Anda. Plugin di atas adalah penghemat waktu yang sangat besar.

Selain menggunakannya untuk memperbarui URL saat memindahkan situs web, kami juga menggunakannya untuk berbagai migrasi platform lain seperti pindah dari WordPress.com ke WordPress.org, Blogger ke WordPress, Weebly ke WordPress, dll.

Kami harap artikel ini membantu Anda dengan mudah mengubah URL situs WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang harus memiliki plugin WordPress, dan cara mempercepat WordPress.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *