Cara Menonaktifkan Editor Tema dan Plugin dari Panel Admin WordPress

Tahukah Anda bahwa WordPress hadir dengan editor tema dan plugin bawaan? Editor kode sederhana ini memungkinkan Anda untuk mengedit file tema dan plugin Anda langsung dari dasbor WordPress.

Sekarang, ini mungkin terdengar sangat membantu, tetapi juga dapat menyebabkan masalah seperti merusak situs Anda dan masalah keamanan potensial saat dikombinasikan dengan kerentanan lainnya.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa dan bagaimana menonaktifkan editor tema dan plugin dari area admin WordPress.

Mengapa Nonaktifkan Theme dan Plugin Plugin di WordPress?

WordPress dilengkapi dengan editor kode bawaan yang memungkinkan Anda mengedit tema WordPress dan file plugin langsung dari area admin.

Editor tema terletak di halaman Penampilan »Editor Tema. Secara default, ini akan menampilkan file tema Anda yang sedang aktif.

Demikian pula, editor plugin dapat dilihat di halaman Plugin »Plugin Editor. Secara default, ini akan menunjukkan kepada Anda salah satu plugin yang diinstal dari situs Anda yang muncul pertama kali dalam urutan abjad.

Jika Anda mengunjungi halaman editor tema atau plugin untuk pertama kalinya, WordPress akan memperingatkan Anda bahwa menggunakan editor dapat merusak situs web Anda.

Di WordPress 4.9, editor tema dan plugin ditingkatkan untuk melindungi pengguna dari secara tidak sengaja merusak situs web mereka. Dalam kebanyakan kasus, editor akan mendapatkan kesalahan fatal dan akan mengembalikan kembali perubahan.

Namun, ini tidak dijamin dan beberapa kode mungkin masih lolos dan Anda akan kehilangan akses ke area admin WordPress.

Masalah terbesar dengan editor file bawaan adalah bahwa ia memberikan akses penuh untuk menambahkan segala jenis kode ke situs web Anda.

Jika seorang hacker membobol area admin WordPress Anda, maka mereka dapat menggunakan editor bawaan untuk mendapatkan akses ke semua data WordPress Anda.

Peretas juga dapat menggunakannya untuk mendistribusikan malware atau meluncurkan serangan DDOS dari situs WordPress Anda.

Untuk meningkatkan keamanan WordPress, kami sarankan untuk menghapus editor file bawaan sepenuhnya.

Karena itu, mari kita lihat cara menonaktifkan editor tema dan plugin dengan mudah di WordPress.

Cara Menonaktifkan Editor Tema dan Plugin di WordPress

Menonaktifkan editor tema dan plugin di WordPress cukup mudah.

Cukup edit file wp-config.php Anda dan rekatkan kode berikut tepat sebelum baris yang bertuliskan ‘Itu saja, berhenti mengedit! Selamat mempublikasikan ‘:

1
define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', true );

Anda sekarang dapat menyimpan perubahan dan mengunggah file kembali ke situs web Anda.

Itu saja, editor plugin dan tema sekarang akan hilang dari menu tema dan plugin di area admin WordPress.

Anda juga dapat menambahkan baris kode ini ke file functions.php tema Anda, plugin khusus situs, atau dengan menggunakan plugin snippet kode.

Jika Anda tidak ingin mengedit file secara langsung, maka Anda dapat menginstal plugin Sucuri WordPress yang menawarkan fitur pengerasan 1-klik.

Cara yang Tepat untuk Mengedit Tema WordPress dan File Plugin

Banyak pengguna benar-benar menggunakan WordPress theme dan editor plugin untuk mencari kode, menambahkan custom CSS, atau mengedit kode dalam tema anak mereka.

Jika Anda hanya ingin menambahkan CSS khusus ke tema Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan penyesuai tema yang terdapat di bawah Appearance »Customize.

Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara menambahkan CSS khusus di WordPress tanpa merusak situs Anda.

Jika Anda ingin mencari kode dalam sebuah plugin, maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan klien FTP.

Untuk manajemen file dan penyorotan sintaksis yang lebih baik, Anda dapat menggunakan salah satu editor kode ini untuk mengedit file WordPress di komputer Anda.

Terakhir, Anda juga dapat membuat tema WordPress khusus tanpa menulis kode apa pun.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menonaktifkan editor tema dan plugin dengan mudah dari panel admin WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan utama kami untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan WordPress.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *