Cara Mudah Terjemahkan WordPress Anda dengan TranslatePress

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menginstal dan menggunakan WordPress dalam berbagai bahasa? Ya, Anda bahkan dapat membuat situs web multibahasa dengan WordPress dengan menerjemahkan konten Anda ke berbagai bahasa. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah menerjemahkan WordPress Anda dengan TranslatePress.

Mengapa Menggunakan TranslatePress untuk Menerjemahkan Situs Web WordPress

Bagian terbaik tentang WordPress adalah dapat digunakan dalam bahasa apa pun. Sebagian besar tema dan plugin WordPress juga dapat digunakan dan diterjemahkan ke dalam bahasa apa pun.

Jika situs web bisnis Anda memiliki pemirsa multibahasa, maka sangat bermanfaat untuk menerjemahkan konten Anda.

Anda dapat menggunakan terjemahan mesin seperti Google Terjemahan, tetapi terjemahan ini tidak bagus dan kadang-kadang bisa sangat menyesatkan.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan plugin WordPress multibahasa, maka Anda perlu membuat beberapa pos yang mengharuskan bolak-balik antar bahasa yang berbeda.

TranslatePress adalah plugin terjemahan WordPress yang membantu Anda menyelesaikan semua masalah ini.

Anda dapat menerjemahkan situs web dan konten Anda menggunakan editor langsung dengan pratinjau aktual setiap halaman di situs Anda
Anda dapat langsung beralih bahasa dari editor langsung.
Terjemahkan tema, konten, dan plugin Anda dengan mudah menggunakan antarmuka yang sama.
Gunakan Google Terjemahan untuk terjemahan otomatis dan hanya edit bagian yang tidak masuk akal.
Mari kita lihat bagaimana cara mudah menerjemahkan situs web WordPress Anda dengan TranslatePress.

Menerjemahkan WordPress dengan TranslatePress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin TranslatePress. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress.

Jika Anda ingin menerjemahkan situs web Anda ke lebih dari satu bahasa, maka Anda juga perlu menginstal add-on ‘Bahasa Ekstra’. Anda dapat melakukan ini dari tombol unduhan unduhan di bawah akun Anda di situs web TranslatePress.

Setelah mengunduh add-on, Anda dapat menginstal dan mengaktifkannya seperti plugin WordPress lainnya.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Pengaturan »halaman TranslatePress untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.

Pertama, Anda perlu beralih ke tab lisensi dan memasukkan kunci lisensi Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di situs web TranslatePress.

Setelah itu, Anda perlu beralih ke tab Pengaturan umum untuk mengatur pengaturan lainnya.

Opsi pertama pada halaman tersebut adalah memilih bahasa default situs web Anda, dan bahasa yang Anda inginkan untuk menerjemahkan situs web Anda.

Selanjutnya, Anda perlu memilih apakah Anda ingin menampilkan nama bahasa dalam bahasa asli. Opsi default adalah ‘Tidak’ yang berarti nama bahasa akan ditampilkan dalam bahasa default.

Opsi selanjutnya adalah memilih apakah Anda ingin menampilkan nama bahasa default di URL sebagai subdirektori. Misalnya, http://example.com/en/.

Pilihan defaultnya adalah no yang berarti hanya bahasa lain yang akan memiliki nama bahasa di URL sebagai subdirektori. Kami merekomendasikan untuk membiarkan pengaturan ini apa adanya untuk SEO terbaik.

Ini membawa Anda ke pengaturan berikutnya, ‘Paksa bahasa di tautan khusus’. Opsi default adalah ‘Ya’, karena itu akan mengubah tautan khusus untuk bahasa terjemahan yang membuat URL lebih ramah SEO.

Selanjutnya, Anda perlu memilih apakah Anda ingin menggunakan Google Translate untuk terjemahan otomatis. Pilihan default adalah ‘Tidak’, tetapi Anda dapat mengubahnya jika Anda ingin menggunakan Google Terjemahan.

Anda harus memberikan kunci Google Translate API di opsi berikutnya. Anda akan menemukan tautan di bawah opsi yang akan menunjukkan kepada Anda petunjuk tentang cara mendapatkannya.

Akhirnya, Anda akan sampai pada opsi tentang bagaimana Anda ingin menampilkan pengalih bahasa di situs web Anda. TranslatePress memberi Anda tiga pilihan.

Anda dapat menggunakan kode pendek, menambahkan switcher ke menu navigasi Anda, atau menampilkan menu mengambang. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan pengalih bahasa ke situs web Anda nanti di artikel ini.

Silakan dan klik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Menerjemahkan Konten Situs Web Anda

Untuk menerjemahkan situs web Anda, Anda cukup klik pada tab ‘Terjemahkan Situs’ pada halaman pengaturan plugin atau tombol di bilah admin WordPress Anda.

Ini akan membuka editor terjemahan langsung di tab browser baru.

Di editor langsung ini, Anda dapat mengklik teks apa pun di situs web Anda di panel kanan dan TranslatePress akan memuatnya di kolom kiri untuk menerjemahkan.

Sekarang klik bahasa yang ingin Anda terjemahkan string dan kemudian berikan terjemahan Anda.

Setelah memasukkan terjemahan, klik tombol ‘Simpan Terjemahan’ di atas dan kemudian klik tombol berikutnya. TranslatePress akan secara otomatis memuat string berikutnya pada halaman untuk Anda terjemahkan.

Anda juga dapat mengeklik menu tarik-turun di bawah bahasa default Anda, dan itu akan menampilkan daftar string teks yang dapat diterjemahkan pada halaman. Anda dapat memilih string dan kemudian menyediakan terjemahannya.

Anda dapat menerjemahkan semua konten di halaman mana saja. Ini termasuk menu navigasi, tombol, widget bilah sisi, teks meta, dan lainnya.

Anda juga dapat mengunjungi halaman mana saja dengan mengklik tautan di layar dan mulai menerjemahkan halaman itu.

TranslatePress memungkinkan Anda untuk langsung menerjemahkan halaman atau postingan apa pun di situs Anda ketika login. Cukup klik pada tombol ‘Translate Page’ di bagian atas untuk masuk ke editor langsung.

Setelah Anda menerjemahkan string, plugin akan secara otomatis menerjemahkannya untuk Anda di tempat lain. Misalnya, jika Anda menerjemahkan judul posting, maka judul posting di widget sidebar Anda akan diterjemahkan secara otomatis.

Menambahkan Pengalih Bahasa ke Situs Web Anda

Pengalih bahasa memungkinkan pengunjung situs web Anda untuk memilih bahasa ketika mereka mengunjungi situs web Anda. Biasanya menampilkan bendera setiap negara untuk menunjukkan bahasa yang tersedia di situs Anda.

TranslatePress memungkinkan Anda untuk menambahkan pengalih bahasa dengan menggunakan kode pendek, sebagai item menu navigasi, atau sebagai banner mengambang. Pengalih bahasa dapat ditampilkan sebagai bendera, nama bahasa, atau keduanya.

Menambahkan pengalih bahasa di WordPress menggunakan kode pendek

Anda hanya perlu menambahkan kode pendek [pengalih bahasa] ke posting, halaman, atau widget bilah sisi tempat Anda ingin menampilkan pengalih bahasa.

Menambahkan pengalih bahasa ke menu navigasi WordPress Anda

Cukup buka halaman Penampilan »Menu dan klik tab‘ Pengalih Bahasa ’di kolom kiri. Sekarang pilih bahasa yang ingin Anda tampilkan dan kemudian klik tombol tambah ke menu.

Anda sekarang akan melihat bahasa ditambahkan ke menu navigasi WordPress Anda. Jangan lupa mengklik tombol ‘Simpan Menu’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Ini adalah tampilannya di situs pengujian kami:

Menambahkan pengalih bahasa mengambang

Buka halaman pengaturan plugin dan gulir ke bawah ke bagian pengalih bahasa. Dari sini pastikan kotak di sebelah opsi selection Pilihan bahasa mengambang ’dicentang.

Jangan lupa mengklik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat pengalih bahasa mengambang di bagian bawah setiap halaman di situs web Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menerjemahkan situs WordPress Anda dengan TranslatePress. Anda mungkin juga ingin melihat daftar plugin WordPress terbaik kami untuk situs web bisnis.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *